Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaEkonomiMedan

KAI Sumut Catat Penjualan Lebih dari 45 Ribu Tiket KA Lebaran 1446 H

38
×

KAI Sumut Catat Penjualan Lebih dari 45 Ribu Tiket KA Lebaran 1446 H

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

MEDAN : PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mencatat antusias masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api dalam rangka Angkutan Lebaran 1446 H/2025. Selama periode angkutan Lebaran yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Sumut menyediakan kapasitas angkut hingga 250.448 tempat duduk. Dari total kapasitas tersebut, sebanyak 161.920 kursi diperuntukkan bagi layanan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ), sementara 88.528 kursi lainnya disediakan untuk KA Lokal.

“Hingga 12 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, KAI Sumut telah mencatat jumlah tiket KA Jarak Jauh yang terjual mencapai 45.137 tiket atau setara dengan 27,8% dari total kapasitas yang telah disediakan. Sementara itu, penjualan tiket KA Lokal masih cenderung rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-7 sebelum jadwal keberangkatan,” ungkap Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah melalui rilis diterima redaksi pada 12 Maret 2025.

Example 300x600

Sofan menjelaskan bahwa berdasarkan tren pemesanan, puncak penjualan tiket KA Jarak Jauh sementara ini terjadi pada H-3 sd H-1 Lebaran atau 28 sd 30 Maret 2025 dengan jumlah pemesanan diatas 3 ribu tiket. Jumlah tersebut akan terus bertambah sering dengan masih berlangsungnya pemesanan tiket secara online.

Baca Juga :  Hari Kartini Bukan Sekadar Pakai Kebaya : Kepala SMAN 5 Medan Ajak Siswa Jadi Kartini Masa Kini yang Tangguh dan Berprestasi

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang belum mendapatkan tiket sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan untuk mempertimbangkan alternatif jadwal perjalanan lainnya guna meningkatkan peluang memperoleh tiket,” ujar Sofan.

Baca Juga :  Peralihan Jasa Keamanan di PT KINRA KEK Sei Mangkei Terindikasi Sarat Permainan

Demi memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan selama Angkutan Lebaran, KAI telah mengambil berbagai langkah strategis, termasuk optimalisasi petugas di seluruh titik layanan, baik di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta. Selain itu, KAI juga memperkuat layanan digital guna memudahkan akses informasi serta pemesanan tiket secara real-time bagi pelanggan.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, KAI telah menempatkan sebanyak 5 petugas Customer Service Mobile (CSM) yang bertugas di Stasiun Medan dan Stasiun Kisaran. Tim ini memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada pelanggan, membantu proses boarding, serta menangani berbagai kebutuhan pelanggan secara langsung di lapangan.

Baca Juga :  Pesan Kepala SMAN 14 Medan di Hari Lahir Pancasila : Teknologi Maju, Nilai Luhur Jangan Layu 

Selain itu, dalam mendukung upaya keberlanjutan lingkungan KAI terus memperluas penyediaan fasilitas water station di berbagai stasiun guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Pada tahun ini, fasilitas tersebut telah ada di Stasiun Medan dan Tebing Tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan water station tersebut secara gratis.

“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna menghadirkan pengalaman perjalanan mudik yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh pelanggan. Dengan berbagai inisiatif yang telah kami terapkan, kami optimis bahwa Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman mengesankan bagi pelanggan kereta api,” tutup Sofan.nrd/ril

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *